Rumus matematika kecepatan dapat ditrace kembali ke filsuf dan matematikawan Yunani kuno seperti Aristoteles dan Euclid, yang menyatakan bahwa kecepatan adalah perbandingan antara jarak yang ditempuh dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut. Namun, konsep ini tidak diformulasikan secara matematis seperti yang kita kenal saat ini.

Pengembangan rumus matematika kecepatan yang lebih formal dapat ditelusuri kembali ke era Renaissance, di mana ilmuwan seperti Galileo Galilei dan Isaac Newton mulai menggunakan metode ilmiah untuk mengukur dan menjelaskan gerak. Galileo menyatakan bahwa kecepatan adalah sama dengan perubahan jarak dalam waktu yang sama, yang merupakan dasar dari konsep kecepatan rata-rata.

Isaac Newton juga memainkan peran penting dalam pengembangan konsep kecepatan dan gerak dengan menyatakan bahwa gerak adalah perubahan posisi dalam waktu, dan mengembangkan hukum gerak yang menjelaskan bagaimana gaya diterapkan pada benda untuk mengubah geraknya.

Seiring berkembangnya ilmu fisika dan matematika, rumus matematika kecepatan telah dikembangkan dan ditingkatkan untuk mencakup konsep seperti kecepatan instantan, kecepatan rata-rata, dan kecepatan relatif.

Kecepatan dapat dihitung dengan rumus:

Kecepatan = Jarak / Waktu

di mana:

  • Jarak adalah jumlah jarak yang ditempuh
  • Waktu adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut.

Kecepatan dapat dinyatakan dalam satuan meter per detik (m/s), kilometer per jam (km/jam), mil per jam (mph), atau satuan lainnya yang sesuai.

Untuk menghitung kecepatan menggunakan JavaScript, Anda dapat menggunakan rumus yang sama yaitu:

Kecepatan = Jarak / Waktu

Anda dapat menuliskan kode JavaScript untuk menghitung kecepatan sebagai berikut:

 function hitungKecepatan(jarak, waktu) {
  return jarak / waktu;
}

// Contoh Penggunaan
let jarak = 100; // dalam meter
let waktu = 2; // dalam detik
let kecepatan = hitungKecepatan(jarak, waktu);
console.log("Kecepatan: " + kecepatan + " m/s");

Catatan: pastikan untuk mengonversi satuan jarak dan waktu ke satuan yang sama (dalam contoh ini, jarak dalam meter dan waktu dalam detik) sebelum menghitung kecepatan.

Anda juga dapat menambahkan kondisi untuk mengecek jika waktu = 0 dan akan mengeluarkan pesan error.